Cara Memeriksa Kondisi Harddisk Kita Dengan CMD



Hard disk atau yang lebih dikenal dengan HDD ( Hard Disk Drive ) yaitu adalah komponen komputer yang berfungsi untuk memproses dan menyimpan data. Hard disk menjadi bagian yang paling utama di dalam PC / Komputer karena kalau tidak ada Harddisk maka komputer tidak akan bisa bekerja. Untuk itu sebaiknya kondisi hard disk harus dalam performa yang baik.

kalau sobat merasakan gejala kerusakan seperti komputer terasa lemot / lambat, file corrupt, blue screen, dll. sebaiknya periksa kondisi hard disk kalian segera, bisa aja terdapat masalah. Ada sebuah cara sederhana untuk mengetahui kondisi kesehatan hard disk, yaitu dengan menggunakan command prompt (CMD) di komputer. simak berikut ini.

Cara Memeriksa Kondisi Hard Disk Menggunakan CMD Berikut Tutorialnya : 


1. Klik Start di pojok logo windows, lalu cari cmd, lalu klik kanan pada cmd.exe tersebut lalu pilih Run as administrator.





2. Lalu, Setelah sobat buka, ketik chkdsk kemudian tekan enter



3. Tunggu sampai proses pemeriksaan selesai. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung besarnya kapasitas hard disk dan spesifikasi komputer sobat.

4. Jika sudah selesai, Hasilnya akan seperti ini


5. Selanjutnya silahkan sobat baca hasil pemeriksaan, akan terlihat bagian mana saja yang rusak. Bahkan kerusakan seperti bad sector juga dapat dideteksi 


Jika ingin memeriksa partisi hard disk yang lain, ketikan chkdsk<spasi>partisi, contoh chkdsk D. Dengan mengetahui permasalahan di dalam hard disk, diharapkan kalian bisa segera memperbaikinya. Atau jika belum ada permasalahan sebaiknya backup dulu data hard disk sobat menggunakan file hosting. Cara ini bisa untuk Windows 98, XP, Vista, 7, dan 8.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »